“Identifikasi”

Ilmuwan-ilmuwan jaman sekarang telah mampu mengidentifikasi seseorang hanya dengan potongan kecil tulang, sebentuk gigi, atau sepotong DNA. Sebenarnya, ada teknik identifikasi yang jauh lebih sederhana yang biasa digunakan oleh para ilmuwan, diantaranya:

Jika ingin mengetahui usia
Ketika ilmuwan memeriksa sisa kerangka dan ingin mengetahui usia orang saat meninggal dunia, mereka terlebih dahulu melihat bagian belakang tengkorak. Tulang oksipital pada dasar tengkorak itu menyatu danmengeras pada usia 4-5 tahun. Namun, delapan tulang lainnya terus tumbuh seiring orang tersebut menua. Dengan demikian, kalau dipertimbangkan bersama-sama, keadaan tulang-tulang ini dapat menentukan kisaran usia hingga 40 tahun. Berikutnya, ilmuwan melihat gigi-geliginya. Misalnya, sisa-sisa gigi tetap terdiri atas gigi susu saja, gigi-gigi tetap saja. Atau kombinasi keduanya.

Jika ingin mengetahui jenis kelamin
Jika jenis kelamin yang dicari, ilmuwan-ilmuwan mulai memeriksa wilayah panggul. Bukaan tulang panggul wanita lebih lebar daripada pria. Ini memudahkan mereka melahirkan anak. Berikkutnya, bagian depan tengkorak diperiksa, tonjolan alis hanpir senantiasa lebih menjorok pada pria daripada wanita.

Jika ingin mengetahui tinggi
Kalau tinggi yang dicari, ilmuwan terlebih dahulu melihat paha. Panjang tulang paha secara langsung berkaitan dengan tinggi keseluruhan seseorang. Jika panjang tulang paha dapat dihitung, maka tinggi badan keseluruhan orang itu dapat pula dihitung. Untuk langkah terakhir, para antropologi forensik menggunakan daftar antropometrik khusus.

~ oleh apiephana pada Januari 29, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: