Bayi

Pria memproduksi setengah triliyun sperma tiap harinya. Empat ratus juta sperma dilepaskan tiap harinya dalam satu ejakulasi saja. Sedangkan wanita memproduksi dua juta telur sewaktu lahir. Dari jumlah itu 300.000 tersisa sampai akhil baligh. Dan dari jumlah ini, hanya 450 telur yang akhirnya dilepaskan untuk dibuahi, yaitu satu telur setiap bulannya. Dengan mengandaikan bahwa semua sperma yang dihasilkan itu dikeluarkan, dan mengandaikan bahwa seorang pria tetap subur selama 50 tahun, peluang satu sperma membuahi satu telur adalah 18.263.000.000.000.000.000 lawan satu!

Seorang wanita memasuki masa subur pada kisaran usia 12-50 tahun. Namun ada seorang perempuan Brazil yang konon melahirkan pada usia 6 tahun 7 bulan dan 3 hari. Mungkin ia adalah ibu termuda yang pernah ada. Ada ibu termuda, ada juga ibu tertua, ia melahirkan pada usia 57 tahum, 6 bulan dan 15 hari tanpa memakai obat-obat kesuburan.

Katanya, pada sebagian besar kelahiran, bayi lahir tampaknya seperti baru bertinju 12 ronde dengan Mike Tyson. Bayi-bayi yang dilahirkan dengan bantuan forcep (semacam tang) cenderung agak memar. Tapi memar ini cepat sembuh. Namun, apa yang disebut dengan operasi cesar telah membuat bayi-bayi itu tidak lagi mengalami memar. Biasanya bayi terlahir dengan tengkorak yang terbentuk belum sempurna, kita biasa menyebutnya dengan ubun-ubun atau nama lainnya adalah fontanela. Berdasarkan penelitian, ternyata jaringan yang menutupi ubun-ubun itu benar-benar keras, jadi kita tidak bisa lagi berpikir bahwa atas suatu kecelakaan, ubun-ubun itu dapat tertembus oleh jari orang dewasa.

Mengenai bobot bayi, biasanya angka yang bermain berkisar antara 2.400-4.800 gram. Secara rata-rata, bayi laki-laki cenderung lebih berat daripada bayi perempuan. Bayi paling berat tercatat 13,15 kilogram saat lahir. Sedangkan bayi paling ringan yang selamat, beratnya hanya 283 gram. Karena suatu alasan-alasan yang tidak diketahui, bayi-bayi yang dilahirkan pada bulan november di belahan bumi utara secara rata-rata lebih berat 170 gram daripada bayi-bayi yang lahir pada bulan-bulan lain. Menariknya lagi, lebih banyak bayi dilahirkan antara tengah malam sampai pukul 08.00 malam. Konon, hari selasa merupakan hari yang paling populer, sedangkan hari muinggu adalah hari yang paling tidak populer. Lebih banyak bayi dilahirkan selama hari-hari bulan purnama daripada waktu lainnya. Atas alasan yang tidak diketahui pula, bayi yang dilahirkan oleh ibu yang berambut coklat cenderung lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan oleh ibu berambut pirang. Wallahu a’lam…

~ oleh apiephana pada Januari 29, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: