Menghilangkan Background Foto

Kebayang nggak siy punya foto bagus tapi backgroundnya jelek? Kita coba membuang background yuk. Sebenarnya ada banyak cara membuang background dan hal ini tergantung kreativitas masing-masing dalam menggunakan “jurus” pembuang background. Salah satunya adalah sebagai berikut:

Langkah 1:

Seperti yang sudah-sudah, buka aplikasi Photoshop dan siapkan foto yang akan kita buang latarnya dengan mengeklik menu [File] [Open] dan pilih fotonya.

Langkah 2:

Buat kertas kerja baru yang ukurannya sama dengan ukuran foto yang akan kita edit, tetapi dengan format transparan. Agar kita dapat mengetahui ukuran dari foto, kita klik menu [Image] [Image Size…]

Setelah kita tahu, ukurannya, jangan kita apa-apakan angka yang tertera disitu karena kita hanya ingin mengetahui ukuran fotonya saja. Kalau sudah, tutup kembali jendela Image Size dengan mengeklik [Cancel]. Lalu untuk membuat kertas kerja baru, klik menu [File] [New…]

maka akan muncul jendela seperti ini

Masukkan ukuran yang kita dapat tadi di box ini. Jangan lupa untuk mencentang option contentnya “Transparent” lantas klik [OK]

Langkah 3:

Setelah terbuka jendela baru yang berisi kotak-kotak (kotak-kotak ini menandakan kalau formatnya transparan), maka klik [Move Tool] pada Tool Box

Lantas klik tahan dan geret foto kita ke layer transparan tersebut sehingga tercipta seperti copy paste. Ingat, selanjutnya kita akan bekerja dengan layer yang transparan ini, bukan foto asli yang tadi. Setelah berhasil digeret, posisikan gambar agar dapat memenuhi semua ruang di layer tersebut.

Langkah 4:

Klik [Poligonal Lasso Tool] pada Tool Box. Jika belum ada [Poligonal Lasso Tool], maka klik tahan [Lasso Tool] pada Tool Box, lantas akan keluar 3 option, maka kita pilih [Poligonal Lasso Tool].

Langkah 5:

Klik satu per satu bagian yang ingin kita sisakan. Setelah terbentuk suatu daerah yang ingin kita sisakan, maka akan terlihat seperti ini:

Langkah 6:

Klik menu [Select] [Inverse…]. Ini untuk menyeleksi bagian latar yang akan dibuang.

Langkah 7:

Setelah terseleksi bagian latarnya, kita tekan [Delete] pada kibor, maka latar akan terbuang dan latar akan digantikan dengan kotak-kotak. Ini menandakan bahwa latar tersebut transparan. Format transparan ini memudahkan jika ingin menggabungkan foto ini dengan foto lain.

Untuk dapat menghasilkan foto dengan latar transparan, kita harus menyimpannya ke dalam format PNG. Tapi kalau kita ingin latarnya putih, kita harus menyimpannya dalam format JPEG.

Langkah 8:

Klik menu [File] [Save As…]

lalu akan keluar Box Dialog seperti ini

Beri nama untuk foto olahan kita dan misalnya kita ingin latarnya transparan, jangan lupa pilih format PNG. Lantas klik [OK]. Setelah keluar Box Dialog lagi klik [OK] lagi

Jadilah foto kita seperti dibawah ini

Selesai sudah. Format PNG ini sangat menguntungkan. Jika kita ingin menggabungkan foto ini dengan latar pantai, maka tinggal buka foto ini dan foto pantai, lalu klik [Move Tool] dan geretlah. Walhasil foto ini akan berpadu dengan nuansa pantai dengan luwes. Selain itu, format ini juga merupakan format paling baik untuk website. Selamat mencoba!

~ oleh apiephana pada Februari 8, 2008.

4 Tanggapan to “Menghilangkan Background Foto”

  1. Thank’s Ni yang gue Cari….

    ‘Lam kenal…kalo mau kunjungi web gue masalah Aplikasi HP

    http://mashenson.wordpress.com

  2. Oo… ternyata gini to caranya.. langsung praktek ah.. tengkyu tutorialnya mudah dimengerti.

  3. mantappppppppp

    makasih ya pelajaran singkatnya…..mudah di mengerti koq
    thanks

  4. Terima kasih buanyak udah berkunjung…
    Semoga bermanfaat .n_n.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: