Perawatan untuk Kulit Berminyak

Kulit bisa berarti banyak hal bagi kaum hawa. Ini adalah masalah yang sensitif. Oleh karena itu, kebanyakan dari kaum kita ini, rajin merawat kulit. Tentunya, perawatan kita harus sesuai dengan jenis kulit. Nah, kali ini kita membahas kulit berminyak.

Kotoran dan debu mudah sekali menempel pada kulit jenis ini. Jika kita tak rajin membersihkannya, maka akan ada banyak timbunan lemak pada pori-pori. Kotoran, debu dan juga lemak ini berpotensi menyebabkan kulit terserang oleh bakteri. Dalam jangka waktu yang tak lama, ini menyebabkan pori-pori membesar akibat penimbunan lemak dan akhirnya timbul komedo pada wajah, terutama pada bagian hidung.

Menurut penuturan di buku Cantik Tanpa Make Up, pada kasus pori-pori yang yang membesar, kita bisa menggunakan astringent, obat penciut pori. Disebutkan pula, cara mudah untuk memperkecil pori-pori, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis, mentimun dan bunga mawar.

Bahan :
– 3 tetes ekstrak bunga mawar
– ½ sendok teh perasan air jeruk nipis
– 1 sendok teh air perasan mentimun
Cara :
Campur bahan-bahan diatas lalu gunakan untuk membaluri wajah, 15 menit kemudian basuhlah wajah dengan air biasa.

Secara pribadi, pada awalnya aku merasa ragu-ragu dengan resep tersebut. Namun, jika kita mempertimbangkan tempat-tempat spa dan pusat-pusat skin care, semuanya juga memakai ramuan-ramuan serupa. Jadi, kenapa tidak? Lagipula, bahan-bahan itu produksi langsung dari alam, jadi kemungkinan efek sampingnya juga rendah dibandingkan dengan bahan kimia.

Oia, selain itu, orang dengan kulit berminyak sebaiknya menghindari makanan-makanan seperti makanan yang pedas, berbumbu, rempah-rempah, juga minuman yang panas. Karena makanan-makanan itu daat memicu penambahan kadar lemak pada kulit. Menurut dokter, sebaiknya jangan mambasuh wajah berminyak dan berkomedo dengan air panas maupun air hangat, ini dapat memperlebar lubang pori-pori. Disarankan juga agar jangan memusatkan pelembab pada daerah-daerah wajah yang merupakan penghasil lemak, gunakan pada daerah-daerah wajah yang kering saja. Jika menggunakan pembersih lemak, gunakan pada bagian yang berlemak saja.

Perawatan terhadap kulit ini, selain rajin membersihkan wajah, juga dengan pemijatan wajah. Ini bertujuan untuk membersihkan pori-pori dari timbunan lemak dan untuk memperlancar peredaran darah pada wajah. Pemijatan dilakukkan menggunakan minyak atau juga dengan krim. Pemijatan yang benar dilakukan dengan ujung jari, dengan gerakan memutar dengan sedikit tekanan.

Finally, perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran. Karena itu merupakan sumber utama vitamin yang dibutuhkan oleh kulit.

~ oleh apiephana pada Februari 14, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: