Some words about ‘Rambut’

(1)
Aku ada pertanyaan niy,

1. Apakah rambut kalian terlihat lengket dan berminyak? atau
2. Apakah rambut kalian cepat kotor dan berdebu? atau
3. Apakah diantara kalian ada yang mempunyai masalah dengan ketombe?

Kalau salah satu atau bahkan ketiga-tiganya dijawab “Ya”, maka boleh jadi rambut kita itu termasuk jenis rambut berminyak. Kalau begitu, langsung saja lanjutkan baca ke no (4). Kalau sama sekali tak ada jawaban “Ya”-nya, lanjutkan ke no (2).

(2)
Pertanyaan lagi,

1. Apakah rambut kalian mengalami kehilangan kemilau dan keindahannya? Atau
2. Apakah kalian mendapatkan kesulitan dalam menyisisr rambut? Atau
3. Apakah rambut kalian mudah patah atau pecah-pecah pada bagian ujung? Atau
4. Apakah rambut kalian mudah rontok?

Kalau salah satu atau bahkan keempat-empatnya dijawab “Ya”, maka boleh jadi rambut kita itu termasuk jenis rambut kering. Kalau begitu lanjutkan baca (5). Kalau tidak ada jawaban “Ya”-nya lagi, lanjutlan ke no (3).

(3)
Merasa pertanyaan-pertanyaan diatas tidak ada yang dijawab “Ya”? Insya Allah, rambut kalian tergolong rambut normal .n_n. Kalau begitu, langsung baca (6) ya…

(4)
Rambut berminyak disebabkan oleh produksi lemak yang berlebih pada kulit kepala. Ini boleh terjadi karena faktor bawaan. Atau bisa juga disebabkan oleh faktor hormonal, seperti yang biasa dialami pada masa baligh dan pubertas.

Perawatan dasar kulit berminyak bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

1. Keramasilah rambut secara teratur untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menempel pada rambut. Keramas bisa dilakukan kira-kira 2 hari 1 kali, namun juga jangan terlalu sering
2. Disarankan untuk menggunakan shampo yang mengandung jeruk nipis dan telur
3. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi, seperti makanan pedas, bumbu rempah, coklat dan minuman-minuman panas. Karena setelah mengkonsumsinya, tubuh akan memproduksi lemak
4. Penyisiran rambut dilakukan perlahan saja, jangan terlalu keras karena bisa menyebabkan kulit kepala aktif memproduksi lemak.
5. Ada juga cara alami (baca: kuno) untuk mengurangi kadar lemak di rambut, yaitu dengan membilas rambut setelah keramas dengan perasan jeruk nipis kadar rendah atau air campuran cuka (satu sendok makan cuka dimasukkan ke dalam satu liter air)

Lanjutkan baca no (7)

(5)
Rambut kering disebabkan karena produksi lemak pada kulit kepala sangat terbatas, padahal lemak ini berfungsi untuk melembutkan rambut. Masalah rambut kering bisa dikarenakan faktor bawaan atau juga hormonal, namun biasanya disebabkan oleh pemilik rambut itu sendiri. Misalnya penggunaan pewarna kimiawi pada rambut, terlalu sering menggunakan pengering rambut, menggunakan air yang terlalu panas dalam membilas rambut, memakai produk yang tidak cocok dengan rambut atau terlalu sering dan terlalu lama terkena panas sinar matahari.

Perawatan dasar untuk rambut kering bisa dilakukan pertama-tama dengan menghindari hal-hal yang telah disebutkan diatas. Perawatan lainnya antara lain,

1. Jangan terlalu sering mengeramas rambut agar minyak yang ada tidak cepat hilang karena tercuci. Keramaslah 2 kali dalam seminggu, atau jika mengalami kekeringan yang menggawat, cukup 1 kali dalam seminggu.
2. Sebaiknya menggunakan shampo yang yang mengandung minyak zaitun dan gliserin. Atau bisa juga menggunakan shampo khusus yang mengandung minyak atau laolin (kolesterol dan ester yang diperoleh dari lemak bulu domba yang digunakan sebagai bahan dasar kosmetik)
3. Pijatlah kulit kepala sewaktu keramas karena pemijatan secara otomatis dapat memperlancar peredaran darah pada kulit kepala. Sehingga produksi kelenjar lemak juga akan berjalan baik
4. Menggunakan cara kuno, yaitu : memijat rambut dengan menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak jagung, atau minyak buah almond setelah keramas. Lalu tutuplah dengan handuk selama kurang lebih ½ jam. Minyak jagung adalah minyak paling baik untuk meminyaki rambut, karena minyak ini dapat masuk ke sela-sela rambut paling kuat dibanding minyak-minyak lainnya.

Lanjutkan baca no (7)

(6)
Rambut normal mempunyai kadar lemak yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Kadarnya cukup untuk membuatnya berkilau, namun juga tidak berlebih. Perawatan yang salah mengakibatkan rambut normal bisa berubah menjadi rambut kering atau rambut yang cenderung rontok. Hindarilah penggunaan pewarna kimiawi pada rambut, jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut, jangan menggunakan air yang terlalu panas dalam membilas rambut, jangan memakai produk yang tidak cocok dengan rambut atau terlalu sering dan terlalu lama terkena panas sinar matahari. Kesemuanya ini akan mengakibatkan rambut normal menjadi kering.

Hal yang paling penting adalah jangan mengeramasinya dengan berlebihan. Keramas bisa dilakukan 3 hari 1 kali saja. Shampo sebaiknya terbuat dari rerumputan.

Lanjutkan baca no (7)

(7)
Warning zone ajah, semua jenis rambut membutuhkan 1 hal yang sama, nutrisi. Nutrisi bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Kesalahan biasa terjadi karena sebagian orang menganggap nutrisi rambut hanya dari luar saja. Jangan salah, buah-buahan dan sayuran juga berperan penting dalam kesuburan rambut .n_n. Kandungan utama pada buah dan sayur yang dibutuhkan rambut adalah vitamin A. Sekiranya, udah pada tahu vitamin A ada di buah dan sayur apa, jadi tak perlu penuturan lebih lanjut

Juga, yang paling penting niy, hilangkan kebiasaan mengkonsumsi Junk Food, seperti makanan instan, minuman kaleng, burger, pizza dan makanan cepat saji lainnya yang miskin vitamin dan mineral. Makanan ini cenderung mengandung sejumlah bahan kimia yang dalam kadar tertentu dapat juga membahayakan rambut.

Taken From “Cantik Tanpa MakeUp” with lil’ bit changes

~ oleh apiephana pada Februari 25, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: