REFLEKSI KULIAH FILSAFAT WITH BAPAK DR. MARSIGIT

Nama saya ‘Afifatul Muslikhah. Selama perkuliahan Filsafat ini, jujur, saya merasa bingung. Namun setiap saya menceritakan perkuliahan saya pada ayah saya, beliau merasa sangat antusias. Bahkan apabila Bapak sedang mengadakan ujian sisipan, ayah sayalah yang seolah-olah akan ujian filsafat karena saking tertariknya beliau dengan filsafat. Itulah yang membuat saya kembali bersemangat mempelajari filsafat.

Yang sangat saya ingat dari perkuliahan Bapak adalah tentang Imanuel Kant dengan sintetik a priori-nya. Selain itu ada beberapa tokoh yang kerap Bapak tanyakan dalam ujian sisipan, yaitu
Menurut Socrates aku adalah pertanyaanku,
Menurut Plato aku adalah ideku,
Menurut Arstoteles, aku adalah pengalamanku,
Menurut Descartes aku adalah rasionalku,
Wittgenstain aku adalah bahasaku,
Menurut Lakatos aku adalah kesalahanku,
Menurut Ernest aku adalah pergaulan

Pernyataan-pernyataan tersebut juga ada dalam elegi ucapan selamat jalan, akan tetapi kata “aku” telah ditransformasikan menjadai “matematika”, cuplikannya yaitu:

Pengertian matematika itu ada banyak sekali, sebanyak orang yang memikirkannya. Secara implicit, menurut Socrates matematika adalah pertanyaan, menurut Plato matematika adalah ide, menurut Arstoteles, matematika adalah pengalaman, menurut Descartes matematika adalah rasional, menurut Kant matematika adalah sintetik a priori, menurut Hegel matematika itu mensejarah, menurut Russell matematika adalah logika, menurut Wittgenstain matematika adalah bahasa, menurut Lakatos matematika adalah kesalahan, dan menurut Ernest matematika adalah pergaulan.

Selain itu, di perkuliahan ini saya juga jadi tahu bahwa lawan dari empiris adalah rasional, lwan dari idealis adalah realistis, dan sebagainya. Saya juga jadi tahu tokoh-tokoh empiris, rasinal, idealis, positivism, dan lain sebagainya. Antara lain yang sering ditanyakan Bapak dalam ujian sisipan adalah:

Tokoh-tokoh empiris:
1. Francis Bacon
2. John Locke
3. Isaac Newton
4. David Hume

Tokoh-tokoh Rasional:
1. Rene Descartes
2. Blaise Pascal
3. Leibniz

Tokoh-Tokoh Positivism:
1. Auguste Comte
2. Karl Max

Tokoh Phenomenologi : Edmund Husserl

Tokoh Intuision: Brower

Tokoh Hermeneutics: Gardner

Dan masih banyak lagi. Sumber belajar yang memuat materi tersebut adalah dari referensi yang diberikan oleh Bapak sendiri, yaitu dari situs Adventure In Phylosophy…

Seperti yang telah Bapak katakan, filsafat memang tidak bisa dipelajari sepenggal-sepenggal. Namun itulah sepertinya yang terjadi pada saya sekarang ini. Saya kurang suka membaca, saya menyadari hal itu, dan itulah yang menyebabkan saya tidak bisa mengikuti alur elegi-elegi dan jargon Bapak. Sungguh sangat disayangkan memang, walhasil nilai ujian sisipan saya kurang dibanding teman-teman lain yang selalu mengikuti alur elegi-elegi dan jargon Bapak.

Walaupun demikian, harapan saya, semoga kami dapat menemukan benang merah antara filfasat dengan dunia pendidikan, akhirnya semoga perkuliahan ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya, amien….

~ oleh apiephana pada Mei 28, 2009.

Satu Tanggapan to “REFLEKSI KULIAH FILSAFAT WITH BAPAK DR. MARSIGIT”

  1. nama : neti yusmina selan
    NIM : 06410332
    Dari :UPY

    menurut saya juga bingung denga filsafat dalam buku penghantar filsafat pendidikan menyatakan bahwa dalam kajian dan pemikiran terlebeh dahulu perlu diketahui dua istilah yang hampir sama bentuknya dan sring digunakan dalam dunia yaitu paedagogie dan paedagoiek.paedagogie berati pendidikan sedangkan paeda artinya ilmu pendidikan.pendidikan adalah yang menyilidiki ,merenung tenutang gejala – gejala perbuatan pendidik.na yang bikin binggung saya apakah filsafat pendidikan itu sendiri?tolong ya pak jelaskan….dan masih banyak lagi pemikiran filsafat lain lagi yang saya masih bingung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: